Headlines News :
Home » » Profil Italia Peserta Euro 2012

Profil Italia Peserta Euro 2012

Written By Ardiyansyah on 7 Juni 2012 | 15.48.00

Profil Italia Peserta Euro 2012

Beritasepakboladunia88.blogspot.com Setahun lalu AC Milan memprediksi Andrea Pirlo sudah tak bergigi lagi. Ketika itu usianya masuk 32 tahun, lebih banyak menghabiskan waktu mengurusi cederanya, dan kalah greget dari pemain anyar, Mark Van Bommel.
Pirlo pun di ujung masa kontraknya. Setelah 10 tahun bersama juara Piala Eropa tersebut, kubu AC Milan hanya menawarkan satu tahun perpanjangan kontrak. Pirlo pun terluka. Harga dirinya terinjak. Ia merasa patut mendapatkan penghormatan lebih setelah apa yang dilakukannya selama ini untuk Rossoneri.

Ia pun hengkang. Yang mengejutkan, ia memilih Juventus, yang baru saja gagal meraih tiket ke Eropa, dan sedang dalam krisis setelah hanya bercokol di peringkat tujuh serie A.

Di tengah kondisi tim yang sedang tak stabil itulah Pirlo datang. Gelandang kelahiran Flero, Lombardy, Italia 19 Mei 1979 ini membuktikan dirinya belum "habis". Ia tetap seorang maestro di lini tengah, jenderal lapangan yang tak kenal kata pensiun.

Ia mengatur tempo Bianconeri tanpa henti yang membuat para pemain lawan kewalahan, ia yang menjadi poros penghubung lini pertahanan, dan penyerangan, dan ia juga pemain yang paling rajin merebut bola ketika lawan lengah.

Dan kemudian statistik membuktikan, Pirlo memang masih gelandang terbaik di serie A. Tak hanya menjadi pemberi assist terbanyak Serie A, ia pun tercatat memberikan umpan lebih banyak dari pemain lain di liga Italia tersebut.

Itu pula yang membuat pelatih Italia, Cesare Prandelli tak ragu menjadikannya jenderal lapangan Italia untuk Piala Eropa 2012. Kemampuan Pirlo melepaskan umpan terobosan, kepiawaiannya membuka ruang penyerangan baru, serta tendangan jarak jauhnya yang mematikan, bakal jadi senjata andalan Azzurri.

Terlebih, Pirlo adalah pemain yang sarat pengalaman. Ia sedikit dari pemain Italia alumnus Juara Piala Dunia 2006 yang masih tersisa di skuad sekarang. Pengalamannya sangat penting di sebuah turnamen besar. Ia bakal jadi mentor untuk sebagian besar pemain Italia yang masih hijau. Panggilan kehormatan dari rekan-rekannya, l'architetto" alias "sang arsitek" memang masih sangat pantas melekat pada dirinya.

Kepiawaian Pirlo terlihat ketika memimpin Italia lolos dari grup C dengan hasil nyaris sempurna. Tim Biru ini tidak pernah kalah di babak kualifikasi Euro 2012. Mereka pun memastikan satu tiket ke Polandia-Ukraina setelah keluar sebagai juara di Grup C.

Dari 10 kali pertandingan, Italia memetik delapan kali kemenangan dan dua kali imbang. Mereka sukses mencetak 20 gol, dan gawang Gigi Buffon hanya kemasukan dua gol yang menunjukkan betapa kuatnya lini pertahanan tim yang dulu dikenal dengan pertahanan catenaccio alias grendelnya ini.

Ditukangi Cesare Prandelli, terjadi reformasi di tubuh Gli Azzurri. Menggantikan Marcelo Lippi yang gagal total di Piala Dunia 2010, Prandelli mengubah paradigma bertahan Italia menjadi lebih agresif.

Pola sepak bola negatif yang mengandalkan serangan balik ditinggalkan. Kini, empat kali juara Piala Dunia tersebut mengusung sepakbola atraktif dengan berusaha menguasai bola selama mungkin.

Sistem permainan Italia berpusat pada para gelandang. Ini terlihat dari formasi mereka 4-3-1-2. Tujuan Azzurri sekarang bukan hanya meraih kemenangan, tapi juga menyajikan sepak bola yang menghibur.

Daftar Pemain Timnas Italia

Bek: Ignazio Abate (AC Milan), Federico Balzaretti (Palermo), Andrea Barzagli (Juventus), Leonardo Bonucci (Juventus), Giorgio Chiellini (Juventus), Christian Maggio (Napoli), Angelo Ogbonna (Torino)

Gelandang: Daniele De Rossi (AS Roma), Alessandro Diamanti (Bologna), Emanuele Giaccherini (Juventus), Claudio Marchisio (Juventus), Riccardo Montolivo (Fiorentina), Thiago Motta (Paris St Germain), Antonio Nocerino (AC Milan), Andrea Pirlo (Juventus)

Penyerang: Mario Balotelli (Manchester City), Fabio Borini (AS Roma), Antonio Cassano (AC Milan), Antonio Di Natale (Udinese), Sebastian Giovinco (Parma)

Hasil Pertandingan Sebelumnya :
Sep 3, 2010: Estonia 1-2 Italia
Sep 7, 2010: Italia 5-0 Kep Faroe
Okt 8, 2010: Irlandia Utara 0-0 Italia
Okt 12, 2010: Italia 3-0 Serbia*
Mar 25, 2011: Slovenia 0-1 Italia
Jun 3, 2011: Italia 3-0 Estonia
Jun 7, 2011: Kep Faroe 0-1 Italia
Sep 6, 2011: Italia 1-0 Slovenia
Okt 7, 2011: Serbia 1-1 Italia
Okt 11, 2011: Italia 3-0 Irlandia Utara

TOP SKOR :
6 - Antonio Cassano 2 - Giampaolo Pazzini
1 - Leonardo Bonucci, Daniele De Rossi,
Alberto Gilardino,
Claudio Marchisio,
Thiago Motta,
Andrea Pirlo,
Fabio Quagliarella,
Giuseppe Rossi
 
Italia lolos dari kualifikasi Grup C dengan pencapaian nyaris sempurna; tak terkalahkan dan memperoleh tiketnya ketika laga masih tersisa dua.

Serbia yang diperkirakan menimbulkan masalah di lapangan, ternyata merepotkan Azzurri di luar lapangan ketika fans mereka membuat onar di Genoa. Serbia akhirnya harus menerima hukuman 'dikalahkan' tiga gol tanpa balas.

Laga penting bagi Italia sepanjang kualifikasi adalah ketika mengalahkan Estonia di Tallinn. Ini adalah laga perdana Cesare Prandelli sebagai pelatih Azzurri. Italia tertinggal lebih dulu, dan mengejar lewat gol Antonio Cassano dan Leonardo Bonucci.

Italia tidak mengalami kemunduran. Mereka memenangkan enam dari tujuh laga, dan hanya sekali kehilangan angka ketika ditahan Irlandia Utara di Belfast -- sebelum meraih tempatnya di Euro 2012 dengan kemenangan kandang 1-0 atas Slovenia. Giampaolo Pazzini menjadi pahlawan dalam laga itu.
 
 
 
 
Sekian Artikel Saya Tentang Profil Italia Peserta Piala Euro 2012
Semoga Bermanfaat ... 
 

Share this post :

Posting Komentar

BLOG INI DOFOLLOW , Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai judul artikel . Bola,Berita Bola,Prediksi Bola,Cek Skor,Hasil Pertandingan Terkini,Berita Bola Dunia, Berita Sepak Bola Dunia

Kami sangat berterima kasih jika Anda ikut menyebarkan atau merekomendasikan artikel ini kepada sahabat dan kerabat Anda melalui facebook.com, twitter.com, email atau sarana jejaring sosial lainnya.

Salam Blogger Indonesia dan Sukses Selalu ! :)

 
Support : Ardiyansyah Blog | Artikel Menarik Unik | Seribu Data| Sewa Gedung Pernikahan |
Copyright © 2011. Berita, Prediksi, Video Bola - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger