Headlines News :
Home » » Enigma Tuan Mourinho

Enigma Tuan Mourinho

Written By Ardiyansyah on 19 Juni 2013 | 03.30.00

Enigma Tuan Mourinho

Enigma Tuan Mourinho

Mourinho dan Chelsea mungkin seperti dua kekasih yang terpisah jauh. Dasarnya mungkin sudah jodoh, terpisah jauh pun mereka akhirnya dipertemukan kembali oleh takdir.

Mungkin takdir juga yang menggariskan bahwa Chelsea harus berganti-ganti kekasih sepeninggal Mourinho pada 2007. Ada delapan. Kendati beberapa dari para kekasih itu memberikan kehangatan berupa trofi-trofi, toh Chelsea seperti tidak bisa melupakan Mourinho. Tak sampai enam tahun dari kepergian pertamanya dari Stamford Bridge, Mourinho kembali lagi.

Lalu, bagaimana dengan Mourinho selepas kepergiannya dari Stamford Bridge? Dia beristirahat sejenak dari dunia manajerial. Tapi tetap saja namanya menghiasi halaman-halaman koran atau media-media lainnya. Utamanya pada berita-berita gosip; mau ke mana dia melatih setelah dari Chelsea.

Pada suatu kesempatan, dia sempat digadang-gadang bakal jadi manajer baru tim nasional Inggris. Dia diburu dan komentarnya jadi bahan yang dicari-cari. Salah satu stasiun televisi bahkan sampai harus mendatangi rumahnya hanya untuk menemui The Special One. Yang terjadi selanjutnya, para kru televisi itu dihentikan Mourinho di depan pagar rumahnya. Lalu, dengan gestur seperti tak sabar dan ingin segera membuat para tamu tak diundang itu pergi, Mourinho hanya memberikan jawaban singkat terkait gosip itu: "I know nothing about it."

Begitulah Mourinho. Tindak-tanduknya, apa yang dilakukannya, dan apa yang tidak dilakukannya, selalu dan acap kali jadi cerita. Mourinho seperti sebuah enigma: apa yang ada di benaknya jadi pertanyaan, sementara kata-kata yang dilontarkannya berubah jadi teka-teki lainnya.

Semusim setelah pergi meninggalkan Stamford Bridge, Mourinho muncul di hadapan jurnalis-jurnalis asal Italia. Di hadapan para awak media itu dia berbicara dalam bahasa Italia yang begitu fasih. Hari itu adalah hari pertamanya melakoni konferensi pers setelah resmi ditunjuk jadi pelatih Inter Milan. Dengan sesumbar dia kemudian mengatakan bahwa dia belajar bahasa Italia hanya dalam waktu tiga pekan. Lagi-lagi Mourinho memposisikan dirinya seperti sebuah enigma; entah benar, entah tidak dia mempelajarinya hanya dalam waktu tiga pekan.

Tahun 2010, setelah Inter menang 3-1 atas Barcelona, beberapa media Catalan memuat cerita yang kemudian akan ditanggapi dengan sinis oleh Mourinho. Mereka menulis bahwa Mourinho dan wasit asal Portugal yang memimpin pertandingan itu, Olegario Benquerenca, adalah teman lama. Mereka bahkan memiliki sebuah restoran bersama. Mau tahu jawaban Mourinho atas cerita usil ini? "Saya tidak punya restoran dengan siapa pun. Mungkin malah Pep (Guardiola) yang punya restoran di Oslo."

Jawaban singkat tapi mengandung "kode" itu merujuk pada kemenangan Barcelona atas Chelsea pada 2009. Pada laga itu, kepemimpinan Tom Henning Ovrebo, yang berasal dari Norwegia, banyak dikritik. Mourinho dengan jeli menggunakannya sebagai balasan. Padahal, ketika itu pun dia sudah tidak jadi manajer Chelsea.

Segala sesuatu yang dilakukan ataupun dikatakan olehnya memang tidak semuanya positif atau layak masuk dalam buku kebaikan para malaikat. Tapi Mourinho adalah Mourinho. Dia seperti tidak peduli segala tindakan dan perkataan yang diucapkannya mengundang reaksi dan konsekuensi yang beragam di sekitarnya. Apa yang tercetus di benaknya, dia lontarkan saja. Tanpa tedeng aling-aling.

Maka, jangan heran jika kemudian banyak orang bertanya-tanya menyoal apa yang dia pikirkan. Tak ada yang tahu alasan pasti mengapa dia mencadangkan Iker Casillas. Tak ada yang tahu pasti mengapa dalam waktu-waktu terakhirnya di Real Madrid dia terlihat tidak bahagia. Kabar yang beredar menyebutkan sudah terjadi perpecahan di dalam ruang ganti Madrid. Tapi Mourinho (atau pihak Madrid sendiri) tidak pernah memberikan pernyataan secara pasti.

Yang jelas, Mourinho mengaku bahwa dirinya sudah tidak disukai di Spanyol. Dia butuh pergi ke tempat di mana dia dirindukan, di mana dia dicintai, yaitu ke Chelsea.



Kepergiannya dari Chelsea dulu bukannya tanpa pertanyaan. Tahu-tahu saja, menjelang akhir tahun 2008 itu, dia meletakkan jabatannya sebagai manajer. Seperti halnya perpisahannya dengan Madrid, tidak ada kata pemecatan. Kabar yang beredar menyebutkan bahwa dia tidak suka kehadiran Avram Grant sebagai direktur sepakbola. Kabar lain menyebut bahwa dia bertengkar dengan Roman Abramovich. Claude Makalele pun ikut memberi kabar: Mourinho ribut dengan John Terry dan pihak klub memilih membela sang kapten. Yang ada hanya kabar, kabar, dan kabar.

Kedatangan kedua Mourinho ke Chelsea diikuti berbagai ekspektasi. Tidak hanya ekspektasi untuk membuat Chelsea kembali menjuarai liga, tetapi juga eksepektasi untuk membuat liga itu kembali ramai dengan tindak-tanduknya. Siapa tahu dia akan kembali membuat percikan kecil dengan orang yang dulu disebutnya "Tukang Ngintip", Arsene Wenger. Atau mungkin membuat rivalitas baru dengan penerus Sir Alex Ferguson di Manchester United, David Moyes. Tapi, sejauh ini, ucapannya soal Moyes masih positif. Dia menyebut orang Skotlandia itu sebagai sosok yang pas untuk menggantikan Sir Alex.

Ekspektasi lainnya tentu saja bagaimana Mourinho akan meneruskan Chelsea, tim yang musim lalu sempat anjlok, tapi pada akhirnya mengakhiri musim dengan raihan satu trofi. Jika dulu Mourinho meninggalkan Inter untuk dilanjutkan oleh Rafael Benitez, maka kini justru sebaliknya. Benitez membuktikan bahwa dia bukan pelatih sembarangan. Taktik agresif yang sebelumnya tidak berjalan di tangan Andre Villas-Boas, musim lalu berbuah sebaliknya di tangan dia.

Salah satu keunggulan Benitez adalah dia tidak senaif Villas-Boas. Dia tahu kapan harus meminta timnya bermain agresif dan kapan meminta mereka bermain pragmatis. Ambil contoh pertandingan melawan FC Basel di Liga Europa. Basel sukses menyingkirkan Tottenham Hotspur yang dipimpin oleh Villas-Boas lantaran The Lilywhites kelewat berani bermain terbuka. Sementara Benitez memilih untuk bermain hati-hati dengan menempatkan David Luiz menempel rapat Marco Streller.

Dengan perkembangan tersebut, Mourinho sudah ditinggali tim yang bisa bermain agresif dan pragmatis sama baiknya. Dan bukankah dia adalah ahlinya bermain pragmatis. Semestinya, dengan keadaan demikian, ekspektasi untuk membawa Chelsea sukses lagi tentu tidak salah alamat, meski hasil adalah sesuatu yang baru kita saksikan tahun depan.

Pada musim pertamanya membesut Chelsea di 2004/2005, Mourinho bertanggungjawab membuat Chelsea mendapatkan label "Boring, Boring Chelsea". Mereka kerap menang, kendati permainan (atau skor akhir) yang ditampilkan tidak terlalu memuaskan. Keadaan ini mulai berubah ketika Arjen Robben, yang cedera metatarsal pada persiapan pramusim, mulai bisa bermain pada bulan November. Keran gol Chelsea mulai terbuka.

Musim itu, hanya Arsenal yang punya produktivitas gol lebih baik atas Chelsea. The Blues mencetak 72 gol, sementara The Gunners 87 gol. Namun, Chelsea tampil sebagai juara dengan keunggulan 12 gol atas Arsenal. Pada musim berikutnya, musim 2005/2006, barulah Chelsea --bersama dengan Manchester United-- jadi tim dengan produktivitas gol terbaik. Mereka sama-sama mencetak 72 gol. Yang jadi pembeda adalah, selain keunggulan delapan poin di klasemen akhir, Chelsea kebobolan lebih sedikit dari United, yakni hanya 22 gol. Sementara United kebobolan 34 gol.

Jika saat itu Mourinho punya gelandang-gelandang lincah pada diri Robben, Damien Duff, dan Joe Cole, maka kini dua punya Eden Hazard, Juan Mata, dan Oscar, plus pendatang baru bernama Andre Schuerrle. Cukuplah modalnya untuk mengarungi Premier League dalam satu musim ke depan.


Yang jadi pembeda mungkin hanyalah soal perkembangan taktik. Musim itu, Mourinho seperti maju sendiri. Ketika kebanyakan tim masih kaku menggunakan 4-4-2, dia sudah menempatkan tiga gelandang sebagai sentral lini tengahnya. Mourinho sendiri kemudian mengakui bahwa ini adalah sebuah keunggulan yang begitu mudah untuknya.

"Dengar, jika saya punya formasi segitiga di lini tengah --Claude Makelele berada di belakang dua gelandang lainnya-- saya akan selalu mendapatkan keuntungan melawan tim yang murni memainkan 4-4-2, di mana gelandangnya berdiri bersebelahan. Itu karena saya akan selalu punya satu orang ekstra."

"Semuanya diawali oleh Makelele, yang berada di belakang garis tengah. Jika tidak ada seorang pun yang mengawalnya, dia bisa melihat keadaan seluruh lapangan dan punya banyak waktu. Jika dia dijaga, maka artinya dua gelandang tengah lainnya tidak terkawal. Jika mereka terus menekan dan para pemain sayap datang membantu untuk mengawal, maka kami punya ruang di sisi lapangan, entah itu untuk winger kami atau full-back kami. Tidak ada yang bisa dilakukan formasi 4-4-2 murni untuk menghentikan ini."

Penjelasan Mourinho di atas telah membuka semuanya. Kali ini tidak ada teka-teki.

Masalahnya, semenjak itu Premier League pun sudah berubah. Semenjak itu Manchester United telah merevolusi formasinya, bahkan dengan trio Cristiano Ronaldo-Carlos Tevez-Wayne Rooney di lini depan mampu menaklukkan Eropa. Semenjak itu, Manchester City telah berubah menjadi kekuatan baru, di mana Yaya Toure adalah jenderal di lini tengah yang tidak terbantahkan --bisa jadi mirip Makelele dalam formasi Mourinho-- dan trio David Silva-Sergio Aguero-Samir Nasri/James Milner telah membuat The Citizens memiliki salah satu daya serang terbaik di final-third.

Satu-satunya teka-teki yang tersisa adalah bagaimana Mourinho menelanjangi kelemahan rival-rivalnya, seperti yang pernah dia lakukan dulu itu.

Rossi Finza Noor*

====

* Foto-foto: Getty Images
* Penulis adalah wartawan detikSport, biasa beredar di dunia maya dengan akun twitter @Rossifinza
(dtc/a2s) Sumber: detiksport


Sekian: Enigma Tuan Mourinho
Salam Hangat Beritasepakboladunia88.blogspot.com By Ardi
Share this post :

+ komentar + 12 komentar

31 Januari 2018 pukul 05.19

bacaan yang menarik
AGEN BOLA

6 Februari 2018 pukul 05.21

terimkasih atas artikel ini AGEN SBOBET
semoga semua orang bisa membacannya dan sukses selalu

23 Desember 2018 pukul 01.08


Download Aplikasi Live Chat BOLAVITA :
Playstore / App Store : BOLAVITA Sabung Ayam
Freechip 1 Juta Rupiah di www. bolavita. site Situs Judi Online Indonesia yang sudah berdiri lama ! Aman dan Mudah di akses !

Sabung Ayam Live
SPORTSBOOK
CASINO LIVE
SLOT
DING-DONG
BINGO
TEMBAK IKAN
BOLA TANGKAS
TOGEL ONLINE

Transaksi 24 Jam Online Tanpa Libur ! Daftarkan diri kamu sekarang juga !

Hubungi Cs kami yang bertugas :
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita
WeChat : BOLAITA
BBM : BOLAVITA

Lihat Prediksi Togel Online di www. angkamistik dan berita bola terbaru di bolavitasport. news

17 Maret 2019 pukul 08.44

Happy Weekend para member setia AGENS128, kalian mencari situs game online terpercaya dengan bonus yang besar juga oke gengs jika kalian membaca promo ini anda termasuk orang cerdas yang tidak salah membaca promo ini, jadi gak usah terlalu lama lagi menunggu daftarkan diri kalian sekarang juga dan bermain lah bersama kami dan menangkan puluhan juta rupiah hanya bersama AGENS128.

Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
WA : 0852-2255-5128

Ayo tunggu apalagi !!

4 Juni 2019 pukul 16.41

Maaf, numpang promo ya kk Ganteng & Cantik ^_^

AGEN TOKUJUDI BO Terbaik di Indonesia menyediakan permainan :
1. SBOBET & MAXBET BOLA
2. LIVE CASINO
3. TANGKAS 88 / TANGKAS NET
4. TOGEL ONLINE S4D / K4D
5. SABUNG AYAM
6. TEMBAK IKAN
7. SLOT OSG777

Anda juga bisa menghubungi kami melalui :
Telp. / SMS : +85577253858
WhatsApp : +85577253858
LINE : AgenTokoJudi
Skype : TokoJudi
Web : maintokojudi.com
Group FB : https://www.facebook.com/groups/maintokojudi/

23 Juli 2019 pukul 04.05

TOKOJUDI | AGEN JUDI ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA
==========================================
✅ Bonus New Member 10%
✅ Bonus Rollingan 0.7%
✅ Bonus Refferal 2.5%
✅ Bonus Cashback 5%
✅ Bonus Win 2.5%
✅ 7 Bank : BCA, BNI, BRI, MANDIRI, CIMB, PANIN, DANAMON
==========================================
✅ SPORTBOOK (MAXBET/SBOBET/368BET)
✅ TEMBAK IKAN
✅ SABUNG AYAM
✅ TANGKAS ( TANGKASNET,TANGKAS88,JOKER TANGKAS,TANGKAS 1)
✅ SLOT
✅ CASINO ( ION/SBOBET/MAXBET)
✅ TOGEL S4D / K4D
==========================================
Link : www.*maintokojudi*.com (tanda * dihapus)
WA : +85577253858
Telegram : +85577253858
LINE : AgenTokoJudi
Skype : TokoJudi
==========================================
Dikunjungi artikel nya untuk menaikan presentase kemenangan kalian dalam berjudi online! Tips dan Trick, serta prediksi bola yang sangat jitu.
==========================================
✅ https://rajaprediksisepakbola.blogspot.com
✅ https://rajajudisepakbola.blogspot.com
✅ https://rajacasinoindonesia.blogspot.com
✅ https://jackpotslotindonesia.blogspot.com
==========================================

20 September 2019 pukul 11.58

Bigceme Situs IDN Poker Online Terpercaya

Selamat datang di BigCeme salah satu situs judi online ternama idn poker Indonesia yang terpercaya dan terbaik tahun 2019. Bigceme adalah situs poker online terpercaya yang menyediakan permainan / game judi online terpopuler yaitu poker online, bandar ceme, ceme, ceme online, dominoqq dan idnpoker. Permainan yang terdapat di situs bandar ceme online Bigceme mengunakan uang asli Indonesia di setiap taruhannya saat anda bermain. Bigceme selalu memberikan pelayanan baik, ramah dan cepat kepada setiap member setianya dan member baru yang ingin melakukan pendaftaran, klaim bonus new member, deposit serta withdrawl. Bigceme ingin mengajak anda pecinta judi online dominoqq untuk bergabung bersama idn poker online terpercaya yang terkenal dengan jackpot poker, jackpot dominoqq dan jackpot ceme yang dapat anda menangkan setiap harinya.

Bigceme sebagai situs judi online idn poker online terbaik dengan permainan dominoqq, bandar ceme online, dan ceme online memberikan banyak keuntungan kepada anda saat bergabung dan bermain bersama kami. Bigceme juga menjadi salah satu situs judi idn poker bandar ceme dominoqq online terbaik dengan pelayanan nomor 1 mulai dari daftar dan login link website bigceme. Anda tidak perlu ragu lagi memilih situs judi terbaik agen poker server idnplay yang siap melayani anda 24 jam nonstop.

GABUNG SEKARANG JUGA BERSAMA IDN POKER DIJAMIN AMAN, MAIN GAME JUDI CEME ONLINE DAN RAIH KEMENANGAN ANDA SETIAP HARINYA
Bigceme menjamin keamanan dan kenyamanan anda selama bermain bersama idn poker game judi ceme online yang sudah menjadi prioritas bandar judi online idn poker dalam menjaga rahasia data semua member bigceme. Tunggu apalagi gabung sekarang juga dan raih kemenangan anda setiap harinya.

Bigceme Situs Poker Online Terpercaya, idn poker, idnpoker, untuk permainan ceme, ceme online, bandar ceme, dominoqq, poker online

20 September 2019 pukul 11.58

Jasacash Situs Judi Jasabola Bandar Bola88 Agen Slot Online

Jasacash Situs Judi Jasabola Bandar Bola88 dan Agen Slot Online
jasacash adalah situs judi Jasabola bandar bola88 online dengan permainan Judi Bola dan judi Slot online terpercaya serta aman di indonesia. Situs Agen Bola terpercaya dan menjamin keamanan untuk setiap member yang bergabung bersama kami.

Situs Judi Bola88 Bandar Terlengkap Jasabola
Jasacash Situs Bola88 Terpercaya menyediakan fasilitas bank lokal indonesia yang sangat lengkap seperti bank BCA, BNI, BRI, DANAMON, MANDIRI dan permata untuk memudakan anda ketika bertransaksi dengan kami kapanpun dan dimana pun.minimal deposit dan withdraw di Jasacash sangatlah kecil hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah dapat bermain dan mendapatkan banyak keuntungan bonus terbesar Jasabola.

Slot Online Terbaru dan Terlengkap Agen Jasabola
Dengan menjadi member slots di jasacash judi slot online terbaru dan terlengkap, anda dapat menikmati berbagai fasilitas terbaik yang di berikan yaitu bermain di handphone yang berbasis seperti android dan iphone.apa lagi aplikasi yang disediakan oleh jasacash agen jasabola juga sudah dapat di install di android dan juga IOS yang tidak membutuhkan spesifikasi handphone yang tinggi untuk bisa bermain Slot Online jasacash.


Jasacash Situs judi, Jasabola, bandar bola, judi bola, agen bola, taruhan bola, untuk permainan bola88, casino online, idn poker, idnlive, slots, slot online, jasabola, jasabola2, jasabola, jasabola

20 September 2019 pukul 11.58

Situs IDN Poker Judi Bandar Ceme Domino QQ Online Terpercaya

Bandarbetqq merupakan situs judi qq online terpercaya, agen idn poker online indonesia yang menyediahkan permainan Ceme, Ceme Online, Bandar Ceme, Dominoqq, Poker Online, Dewapoker, Domino Qiu Qiu. Bandarbetqq juga sebagai situs poker online yang menyediahkan permainan idnplay, bandar ceme, poker88 dengan berbagai taruhan dan aturan judi online yang dapat dimainkan mengunakan komputer, handphone versi mobile Android atau Ios. Bandarbetqq ingin mengajak para pecinta game idn play, ceme online, domino qiu qiu untuk bergabung bersama Idn Poker Situs judi qq online terpercaya, bandar ceme, dominoqq, situs poker online. Daftar Bandar Ceme, Idn poker, Ceme Online di situs judi qq online sangatlah mudah sekali. Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar bonus new member idn poker ketika anda bergabung dan bermain bersama kami. Anda tentu saja tidak perlu ragu bergabung bersama situs poker online indonesia terbaik yaitu Bandarbetqq selaku bandar judi qq online, anda bisa juga bermain semua game judi online kartu lainnya dengan modal yang sangat kecil bahkan anda bisa bermain tanpa modal sama sekali.
Bandarbetqq sebagai situs judi idn poker online mudah menang memberikan banyak keuntungan yang membuat kami menjadi salah satu situs judi qq bandar ceme online terpercaya di indonesia mulai dari proses daftar, login, dan pelayanan yang baik serta proses deposit dan withdraw yang cepat. Bandarbetqq juga sebagai judi qq online terbaik permainan ceme dan bandar ceme, admin kami hanya bertugas melayani member yang mengalami kesulitan atau memerlukan bantuan , dari segi pelayanan kami yang begitu cepat merespon anda dan pastinya tanpa basa basi agar tidak mengganggu waktu bermain anda. kami Situs Idn Poker Play Ceme setiap hari tanpa ada libur meski hari libur nasional, bahkan kami buka 24 jam nonstop.

Bandarbetqq Situs Judi QQ Online Terpercaya, Idn Poker, untuk permnainan Ceme, Ceme Online, Bandar Ceme, Poker88, Dewapoker, Dominqq, Domino qiu qiu, Poker Online.

3 Maret 2022 pukul 23.50

Aussie casino table games are coming to online gambling in Australia
Aussie 서귀포 출장샵 casino table games are coming to online gambling 평택 출장안마 in Australia. The company has announced it has selected a 제주도 출장안마 new name 제주도 출장마사지 to bring 서귀포 출장샵 online gambling into the

Posting Komentar

BLOG INI DOFOLLOW , Berkomentarlah dengan sopan dan sesuai judul artikel . Bola,Berita Bola,Prediksi Bola,Cek Skor,Hasil Pertandingan Terkini,Berita Bola Dunia, Berita Sepak Bola Dunia

Kami sangat berterima kasih jika Anda ikut menyebarkan atau merekomendasikan artikel ini kepada sahabat dan kerabat Anda melalui facebook.com, twitter.com, email atau sarana jejaring sosial lainnya.

Salam Blogger Indonesia dan Sukses Selalu ! :)

 
Support : Ardiyansyah Blog | Artikel Menarik Unik | Seribu Data| Sewa Gedung Pernikahan |
Copyright © 2011. Berita, Prediksi, Video Bola - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger